ASPEK MORAL DALAM NASKAH DRAMA BULAN DAN KERUPUK KARYA YUSEF MULDIYANA DAN MANFAAT UNTUK BAHAN AJAR DI SMA
ABSTRAK
NANDAR KURNIAWAN. NIM. D.08.16.0042. “Aspek Moral Dalam
Naskah Drama Bulan dan Kerupuk Karya Yusef Muldiyana dan Manfaat
Untuk Bahan Ajar Di SMA”. Skripsi. Program Studi Bahasa, Sastra Indonesia
dan Daerah. Fakultas Bahasa dan Sastra. Universitas Mathla’ul Anwar. Banten.
2020.
Tujuan penelitian ini adalah (a) mendeskripsikan aspek moral dalam
naskah drama Bulan dan Kerupuk Karya Yusef Muldiyana, (b)
mendeskripsikan manfaat aspek moral dalam naskah drama Bulan dan Kerupuk
Karya Yusef Muldiyana untuk bahan ajar diSMA. Metode dalam penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah dialog-dialog yang
terdapat dalam naskah drama Bulan dan Kerupuk karya Yusef Muldiyana.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik baca, dan teknik
pencatatan. Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi, mendeskripsikan,
menganalisis aspek moral dan manfaat untuk bahan ajar di SMA, Hasil
penelitian menunjukan bahwa Yusef Muldiyana menggunakan tokoh Ipah dan
Jalu yang terlibat dalam satu konflik dan menghasilkan bahwa drama yang
diangkat oleh Yusef Muldiyana sangat dekat dengan dunia keseharian dalam
realita kehidupan. Nurgiantoro mengemukakan moral sebagai aspek dalam
kehidupan manusia mengenai pertimbangan baik atau buruk terkait manusia
sebagai individu, makhluk sosial, dan makhluk religius (kepada tuhannya).
Drama ini merupakan drama yang mengandung aspek moral terhadap
ketimpangan moral sehingga Bulan dan Kerupuk merupakan refleksi aspek
kehidupan. Mengenai manfaat untuk bahan ajar di SMA, hasil penelitian ini
diharapkan dapat memberi manfaat dan menambah pengetahuan siswa tentang
nilai moral untuk kehidupan sehari-hari mereka.
Kata Kunci: Aspek Moral, Manfaat Bahan ajar, bahan ajar di SMA,
bulan dan kerupuk.
Download full file
https://drive.google.com/drive/folders/1PbQufZdKXdfsO247-huiA0krPjwiISoE?usp=sharing
1 komentar:
makasih kak
Posting Komentar